Rabu, 13 Desember 2017

NGOPI TAMPAN


Senyum Pepsoden

Mengawali cerita kongkow dengan para senior saya kemarin (Selasa, 12 Desember 2017) yang dengan dibarengi hujan rintik-rintik hingga membasahi kota Bogor sore itu, merupakan pertanda baik untuk negeriku. Memang harus diakui, sebab hujan itulah faktor utama Indonesia bebas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Secara otomatis, kinerja pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan semakin mendapatkan raport yang baik. Namun bukan hanya faktor utama saja yang membuat raportnya baik, tetapi sudah barang tentu didukung oleh faktor lain seperti leadership, policy dan tentunya aksi nyata di lapangan.

Jempol buat para aktor lapangan yang sudah berusaha keras mencegah terjadinya karhutla dan para pengambil kebijakan. Saya dukung ibu Menteri LHK untuk menegakkan hukum dan menjalankan program nyata untuk hal ini. Setidaknya kita bisa banyak belajar dari peristiwa 2 tahun lalu (tahun 2015) karhutla memakan banyak korban.

Kami bertiga (Bang Bayu Ndut, Mbak Ade, Saya) sore itu kongkow bareng di salah satu cafe dekat dengan kantor Puslitbang KLHK, memang terasa seperti sudah sering ketemu karena cukup dengan janjian via Whatshap kamipun berkumpul untuk sekedar berbagi cerita. Walaupun kami dari umur dan angkatannya jaraknya cukup jauh, tetapi terasa dekat. Kenapa? Karena kami bangga dengan almamater kami yaitu Kehutanan Universitas Lampung, walaupun sudah banyak perbedaan baik dari pendapat maupun pendapatan.

Tidak basa basi, mukadimah dimulai dari yang muda. Memang senior saya ini seorang pembelajar, ia mau mendengar lama cerita-cerita saya baik dari masalah A - Z. Apa yang terjadi di kampus Unila baik dari dosen, mahasiswa, organisasi, dan lain-lain. Tidak panjang lebar, secara bergantian kami bercerita tentang itu, memang pada intinya "masalah itu bisa diselesaikan, hanya kami yang belum selesai masalahnya". Hehehe. Apa itu? Mari kita tanya pada pohon.

Kira-kira itulah cerita sore itu, tidak perlu panjang lebar. Singkat, padat, dan kurang jelas. Hehehe
Semoga bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat.


Salam Rimbawan

4 komentar: