Selasa, 12 September 2023

Hutan Harus Menghantui


CONSERVE di Lanskap Seblat Provinsi Bengkulu memiliki keunikan dan tantangan dalam pengelolaannya. Selain terdiri dari berbagai fungsi juga menjadi PR untuk melukiskan bagaimana hidupan satwa liar dapat terhubung dalam satunkesatuan lanskap. Terkadang sedih melihat kondisinya tapi terkadang semangat untuk melakukan upaya-upaya dalam memperbaikinya. Sebagai RTO masih banyak PR yang harus dikerjakan. Banyak narasi-narasi yang harus disatukan untuk menggapai perubahan itu.
Semoga suatu saat, jikalaupun saya tidak di CONSERVE lagi cita-cita pengelolaan lanskap yang terintegrasi dapat terwujud, baik masyarakat sekitar, swasta, NGO dan antar pemerintah pun harus memiliki tekad dan semangat yang sama.
Hutan jika valuenya memiliki posisi tawar, siapa yang tidak akan membutuhkannya? Pasti akan terasa saat sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan, air sungai dan mata air hilang, udara panasemyengat, polusi merajalela, penyakit-penyakit aneh bermunculan, hama-hama tanaman bermunculan, hewan langka punah. Lalu apa yang akan kita wariskan untuk bumi kita ini wahai para hamba Tuhan? Tuhan mencipta Hutan untuk kita jadikan hantu yang menakutkan saat perencanaan pembangunanmu tidak engkau masukkan tentang artinpenting hutan dan ekosistemnya.
Save Lanskap Seblat. Salam konservasi dari Lanskap Seblat.
@id.conserve @bksda_bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar