Senin, 12 Februari 2018

LAPAK OMAH HAHA


Memang kami sekeluarga tidak memiliki jiwa wirausaha, sebab kami fokus dengan pendidikan. Akan tetapi terkadang dalam benak kami selalu terbesit sabda Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang mengajak kami sebagai umatnya untuk berniaga atau bedagang, sebab dengan berniaga atau berdagang dapat membuka pintu rizki Allah untuk mencukupi kebutuhan manusia. Memang sebelum kami memutuskan untuk membuka lapak sederhana dimedia online, pernah kami berdiskusi dan saling berbagi cerita tentang perjuangan saya saat kuliah. Saya kuliah sambil berdagang manisan jambu yang saya antar dengan menggunakan sepeda. Saya menitipkan barang dagangan ke kantin-kantin kampus Universitas Lampung saat itu, dan alhamdulillah laku laris manis. Keuntungan dari penjualan bisa dibuat tambahan untuk "jajan".

Ketika saya berkeluarga yang saat itu juga masih kuliah pascasarjana IPB, saya memberanikan diri saat momentum puasa Ramadhan untuk membuka lapak dagangan di depan kelurahan Dramaga. Saya berjualan bubur jagung, cenil, tahu kupat (makanan khas solo). Alhamdulillah dagangan laku dan hasil cukup untuk menambah kebutuhan keluarga. Saat itu memang masa-masa yang sangat genting, sebab dengan kuliah Pascasarjana IPB yang biaya SPP nya cukup mahal ditambah lagi saya tidak dengan program beasiswa sungguh sangat menjadi tantangan untuk mengimbangkan kebutuhan pendidikan dan kebutuhan keluarga. 

Saat ini kami membuka lapak secara online, yaitu Omah HaHa. Kami memakai nama Omah karena kami berjualan dari rumah tanpa menggelar barang dagangan. Artinya lebih banyak reseller dan beberapa produk seperti kopi saja yang selalu ready stock di rumah. Nama HaHa kami ambil dari keuda buah hati kami yaitu Habib dan Haddad, sehingga dua kata depan kami ambil untuk mencoba membangun brand tersendiri dalam usaha berniaga kami. 

Beberapa media resmi kami seperti di akun instagram @omah.haha adalah utuk berjualan buku-buku islami dan barang-barang bertema NU, sedangkan instagram @haha.chocolate untuk berjualan coklat dan kukis. Selain itu kami juga membuka lapak online di Lazada dengan website: www.lazada.co.id/haha-shop. Kami juga mengiklankan di Facebook melalui posting produk-produk. 

Setidaknya dengan upaya kami untuk belajar berniaga merupakan pengalaman hidup yang menantang, tentunya tidak lain dan tidak bukan karena banyak pembeli kami yang mensupport usaha kami. Kami juga menerima masukan untuk memperbaiki usaha kami dimasa yang akan datang. Berikut ini adalah contoh produk Omah HaHa: 

Produk Kopi AkuNU, kopi robusta asli Lampung


Produk HaHa Coffee, kopi robusta asli Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar